Selasa, 13 Oktober 2020

Kegiatan Rabu, 14 Oktober 2020 (BAHASA INDONESIA)

 

KEGIATAN BELAJAR

KELAS 5 MINGGU KE-14

“Berkarakter Lumajang, Berwawasan Global”




Sebelum belajar ciumlah tangan ayah bunda. Kemudian mohon doa agar kalian bisa belajar dengan baik, berdoa yang khusuk agar anak-anak diberi mudah dalam belajar.




Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran mandiri pada buku kerja ini, kamu dapat Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

Halo Ayah, Bunda serta Ananda yang baik. Hari ini kita bertemu lagi dalam kegiatan belajar dari rumah. Dalam pertemuan ini Ananda akan Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara tulis dengan tujuan untuk kesenangan. Silahkan dibaca penjelasan terkait materi tersebut berikut ini, kemudian kerjakan latihan soal yang ada. Ananda dapat bertanya kepada siapapun yang mendampingi saat belajar. Tetap semangat 




Siti dan teman-teman pagi-pagi sekali sudah sampai di sekolah. Pada jam pelajaran pertama, mereka belajar tentang peredaran darah manusia. Gambar tentang peredaran darah manusia telah mereka pahami. Mereka juga memahami cara kerja peredaran darah manusia. Mereka pun sadar betapa besarnya peranan organ peredaran darah bagi kelangsungan hidup manusia. Tidak berlebihan jika mereka ingin lebih baik lagi menjaga dan merawatnya. Tiba-tiba Siti ingin mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Rasa syukur karena telah diberikan organ perendaran darah yang sehat. Rasa syukur tersebut diungkapkan dengan berpantun. Pantun yang dibuat Siti adalah sebagai berikut.

















Teman-temannya sayang Siti. Siti pandai berpantun. Karena melalui pantun, seseorang dapat mengungkapkan kata hatinya. Seperti yang telah dilakukan Siti. Apakah pantun itu? Kamu pasti ingin memahami tentang pantun.

 

Pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu). Tiap bait biasanya terdiri atas empat baris dan bersajak (a-b-a-b). Dalam setiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata. Baris pertama dan baris kedua disebut sampiran. Sampiran untuk mengantarkan rima. Baris ketiga dan keempat disebutisi. Isi merupakan tujuan atau maksud dari pantun. Dengan demikian, dapat disimpulkan ciri-ciri dan bagian pantun.

 

     Ciri-ciri pantun

1.  Pantun bersajak a-b-a-b,

2.  Satu bait terdiri atas empat baris,

3.  Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.

 

    Pantun terdiri atas dua (2) bagian, yaitu

1. Sampiran merupakan kata-kata dalam dua baris pertama atau baris  kesatu dan kedua di setiap bait,

2. Isi, merupakan kata-kata dalam dua baris terakhir, atau baris ketiga dan  keempat di setiap bait.






Bacalah pantun yang dibuat Siti di atas, tentukan baris yang menunjukkan sampiran dan baris yang menunjukkan isi. Jawab seperti tabel berikut di buku tematik .



Tidak ada komentar:

KEGIATAN SABTU, 9 APRIL 2022 (BAHASA JAWA)

KEGIATAN BELAJAR KELAS 5 “Berkarakter Lumajang,  Berwawasan Global” Sebelum belajar ciumlah tangan ayah bunda. Kemudian mohon doa agar kalia...